Banner

Banner

Wednesday, February 11, 2015

Tetangga Berisik dari Madrid

Tetangga berisik kerap kali dikaitkan dengan Klub asal Inggris, Manchester City. Ya, sejak kepemilikan Manchester City diambil alih oleh raja minyak asal Uni Emirat Arab, Manchester City berubah menjelma menjadi salah satu tim yang ditakutkan di Inggris dengan dana tak terbatas. Tak  tanggung-tanggung pemain sekelas Sergio 'Kun' Aguero, Samir Nasri, Yaya Toure pun dibawa ke publik Etihad Stadium. Hal ini justru sangat mengganggu bagi klub yang lebih dahulu di Manchester, yaitu : Manchester United. Publik Old Trafford pun dibuat ketar-ketir oleh Manchester City. Puncaknya kala Derby Manchester dalam lanjutan Barclays Premier League yang terjadi di Old Trafford pada 23 Oktober 2011, Manchester United pun dibuat bertekuk lutut 6 gol oleh Manchester City walaupun The Red Devils sempat mencetak 1 gol. Hal ini langsung membuat bos Manchester United, Sir Alex Ferguson kala itu menyebut Manchester City sebagai "tetangga yang berisik". Hingga saat ini persaingan antar dua klub Manchester untuk menjadi "Raja Manchester" selalu dinanti oleh penggemarnya.




Bergerak ke daratan Spanyol, kali ini Kota Madrid mendapat persaingan baru. Ya Real Madrid kini mendapatkan lawan yang sepadan, sang tetangga Ateltico Madrid berkembang menjadi tim dengan penuh kejutan. Tidak seperti Manchester City, Atletico Madrid justru berkembang dengan dana yang pas-pasan. Pembinaan pemain muda dan para pencari bakat yang cerdik merubah klub ini menjadi kekuatan baru di La Liga yang siap merusak dominasi Barcelona dan sang tetangga Real Madrid. 
Perjalanan Atletico Madrid pun dilalu dengan tidak mudah, sempat turun ke kasta kedua Liga Spanyol pada akhir 90'-an sealam dua musim. Atletico pun bangkit kembali, munculnya "wonder kid" Fernando Torres pada medio 2000an membuat Atletico Madrid menjadi bahan pembicaraan. Ujian bagi Atletico Madrid pun tidak sampai disitiu, karena bertindak sebagi 'tim kuda hitam", tak heran banyak bintang yang di orbitkan klub ini pun menjadi incaran klub-klub besar. Akan tetapi  ujian ini tetap tidak menyurutkan semangat klub yang berjuluk Los Rojoblancos. Hingga akhirnya dibawah arsitek tim Diego Simeone, Los Rojoblancos mampu menyabet gelar UEFA Europa League sebanyak dua kali. Tak sampai disitu Diego Simeone pun membuat pencapaian baru, pada tahun 2012 ia dapat membawa kemenangan pertama bagi Atletico kala jumpa dengan Real Madrid dalam laga bertajuk El Derbi Madrileno setelah sejak 2002  tidak pernah menang dari Real Madrid. Puncaknya pada musim 2012-2013 Atletico Madrid mampu menyingkirkan Real Madrid dalam final Copa Del Rey, sehingga Atletico Madrid pun menjadi juara, ditambah lagi di musim berikutnya Atletico Madrid justru memperlihatkan kehebatannya kembali dengan menyabet juara La Liga. Dan yang terbaru, beberapa hari lalu Atletico menunjukkan kedigdayaannya dengan meempermalukan Madrid di Vicente Calderon dengan 4 gol  tanpa balas. So akankah Atletico akan menjadi "tetangga berisik" yang baru bagi Real Madrid? We will see it soon.




  

No comments:

Post a Comment